Badan Peduli Pendidikan Anak Nagari Lasi

Membangun Manusia Lebih Utama Ketimbang Membangun Secara Pisik

  • Profileku

    Nama: Maswir
    Pendidikan : S2 Mathe ITB Bandung
    Pekerjaan : Guru
    Hobby : Saluang, Rabano, Randai
    Agama : Islam

  • Peta Kunjungan

    • 33,960 hits

Puput Tanduak dan Datuak Giriak

Posted by Maswir pada Juni 24, 2008

Datuak Giriak adalah seorang tokoh Nagari Lasi dalam kancah perjuangan kemerdekaan. Jasa beliau yang sangat terkenal adalah memberitahukan kedatangan Belanda ke kampung halaman. Datuak Giriak punya teknik dan cara tersendiri dalam memberi tahukan ke masyarakat. Alat yang selalu di pakai dan digunakannya untuk menyebarluaskan informasi ini adalah sebuah terompet yang terbuat dari tanduk kerbau, itulah yang dinamakan dengan Pupuik Tanduak.

Ketangkasan seorang Datuak Giriak dalam memberi tahukan kemasyarakat memang cukup bagus, dan cara ini memang sangat jitu. Ribuan manusia telah terselamatkan dari serangan Belanda hanya bersenjata sebuah puput atau terompet yang terbuat dari tanduk kerbau. Besar memang jasanya seorang Datuak Giriak, alangkah besarnya dosa kita jika jasa beliau kita lupakan begitu saja. Walaupun beliau sekarang sudah tiada tetapi beliau tetap dikenang oleh masyarakat Lasi.

Keberanian beliau menghadapi Belanda sangat kita banggakan. Dengan kelincahan dan kelihaiannya dan didukung lagi oleh tubuhnya yang kecil menjadikan dia sulit untuk dideteksi atau diketahui oleh Belanda. Ditambah lagi dengan ilmu kebathinan yang beliau miliki, dia kadang-kadang bisa menyerupai sesuatu dan bahkan dia bisa hilang dari pandangan lawan. dengan kekuatan dan kepandaiannya itu dia manfaatkan untuk menyelamatkan orang banyak. Dalam teknik penyelamatan ini tidak hanya orang Lasi yang telah beliau selamatkan, bahkan orang-orang yang dari daerah tetangga juga merasa terbantu oleh beliau.

Datuak Giriak adalah asli warga Lasi, tepatnya di Pauah Lasi Mudo. suku Jambak, beliau tidak mempunyai keturunan. Walaupun beliau mendapat penghargaan berupa pensiunan dari pemerintah semasa hidupnya, tetapi sampai saat ini beliau belum terdaftar sebagai pejuang layaknya seorang Pahlawan Nasional. Kemudian sampai saat ini belum ada suatu tulisanpun yang menjelaskan sisi kehidupan Datuak Giriak. Setelah Indonesia merdeka seolah-olah Datuak Giriak tidak pernah berjasa kepada negara ini. Menjelang peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 63 ini kami mengajak kita semua untuk tafakur sejenak mengenang jasa seorang Datuak Giriak. Semoga beliau mendapat tempat yang layak disisiNya.

2 Tanggapan to “Puput Tanduak dan Datuak Giriak”

  1. memang keahlian seorang Yiak Tuak Giriak tersohor diseantero Lasi, tapi sayang tidak sampai terdengar genderangnya keseluruh nusantara seperti Tuanku Imam Bonjol, Bung Htta, dan lain sebagainya, jadi bagaimana Rakyat Indonesia akan tau, sedangkan orqang diluar bukittinggi yang notabene masih Minagkabau / sumatera barat banyak yang tidak mengetahuinya. dan juga Anak Kemenakannya dari Nyiak Tuak Giriak sendiri tidak ada yang mempublikasikan dan juga mewarisi keahlian dari sang Datuak. jadi kita sangat berharap beliau dicatat sebagai Pahlawan Nasional, tapi tidak ada vaktor pendukung beliau untuk dijadikan sebagai pahlawan Nasional, seperti Gurindam, Karya tulis atau omongan dari orang keorang yang memang dapat dipercayai sebagai sumber. Tarimo kasih………..!!!!!!!!!?

  2. adnoer said

    assalamualaikum win, lah lamo lo wak ndak basuo, kiro no disiko basuo ia… jadi keberadaan nyiak tuak giriak ntun ndak bisa diangkek ka dalam sejarah perjuangan win ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: